Wednesday, October 16, 2019

Tafaqquh Video Tak Lagi Upload Video UAS




Tadi sore (16 Oktober 2019) saya membuka layar smartphone, lalu menyentuh aplikasi YouTube. Saya men-scroll layar untuk melihat rekomendasi video-video dari aplikasi tersebut yang menarik menurut saya. Lalu pilihan tertuju kepada sebuah vlog yang berjudul "UAS Mundur dari PNS, Inikah Sebab nya?". Sebuah video pada channel Abin Toro. Ia membahas tentang berita Ustad Abdul Somad yang mundur dari PNS UIN Suska.

Sambil menyimak, sebuah tulisan dalam kolom komentar vlog tersebut menarik perhatian saya. Komentar tersebut terlihat kontras dari sekian banyak komentar-komentar lainnya karena ditulis dengan huruf yang ditebalkan. Isinya pun sangat mengejutkan.








Saya baru tahu dari komentar tersebut, bahwa channel YouTube Tafaqquh Video tidak lagi mengupload ceramah Ustad Abdul Somad. Padahal, sebelumnya di channel tersebut lah video-video UAS rutin diupload setiap beliau berdakwah.

Lalu saya mengecek langsung di channel Tafaqquh Video. Ternyata benar, tidak tampak lagi video UAS. Video-video terakhir yang tampak di halaman utama adalah video ceramah yang bukan UAS. Viewersnya pun sedikit.












Saat mengetik kata kunci "Abdul Somad" di kolom pencarian channel tersebut, hasilnya cuma 2 video UAS yang keluar. Video pertama diupload setahun yang lalu, sedangkan satu lagi adalah video yang dinaikkan pada 5 tahun silam yang masing-masing hanya 347K viewers dan 31K viewers. Tak ada lagi video yang mencapai jutaan penonton. 


Lalu dimana umat bisa melihat ceramah-ceramah terbaru UAS? Ternyata sudah ada channel baru yang diberi nama langsung dengan nama UAS: Ustadz Abdul Somad. Dari penelusuran saya, channel tersebut dibuat sejak 25 Juni 2019. Video pertama yang diuplod di channel tersebut pada tanggal 26 Juni 2019.

Lantas apa yang membuat Tafaqquh Video tidak lagi mengupload video UAS dan menghapus video-video beliau yang mendongkrak subsribers channel tersebut hingga mencapai 1,65 juta?

---------------------
---------------------
subcsribe channel YouTube saya: FeezVid
follow Instagram: @hafizhi__

No comments:

Post a Comment

Teks Doa Kamilin dan Video

  FEEZDAILY -- Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Di bulan ini ramai-ramai orang Islam berlomba-lomba unt...